headerphoto

Pendakian gunung SUSI (Sumbing Sindoro)


Gunung Sumbing

Merupakan gunung yang mempunyai ketinggian setinggi 3.371 Mdpl, terletak di kabupaten wonosobo Jawa tengah, Indonesia dengan koordinat 7.384° LS 110.070° BT Jenis Stratovolcano, untuk menaiki gunung ini kita bisa memulai perjalanan dari Purwokerto dengan naik Bus jurusan Purwokerto-Semarang dengan biaya Rp 15.000,-. Perjalanan dari purwokerto menuju pos pendakian gunung Sumbing di desa Garung menghabiskan waktu -+ 3jam, setelah turun dari Bus, kita bisa langsung menuju pos pendakian dengan jalan kaki -+ 100m untuk mengurus perijinan pendakian, tiket Rp 3500,-(kalau belum ada perubahan) setelah itu kita bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak. Sebelum perjalanan sebaiknya kita melakukan cheking barang bawaan kita, jangan lupa membawa air sebanyak-banyaknya karena mata air di pos 1 (jalur baru)belum tentu mengalir.
Perjalanan menuju puncak biasanya sekitar 8 jam dan turun -+ 4-6jam (lebih enak mendaki malam pemandangan kota lebish eksotis dan tidak terlalu panas-pen)Kita bisa memilih jalur baru atau jalur lama, kalau jalur baru kita melawati arah kanan batas desa, tapi kalau kita melewati jalur lama kita langsung lurus menuju track, dalam pendakian awal mata kita harus waspada melihat petunjuk jalur karena jalur pada awal pendakian berupa ladang (sayuran dan tembakau)sehingga kita sering salah jalur dan mengakibatkan kita tersesat. Dua jalur (lama dan baru)tersebut bertemu di Pestan, lokasinya lumayan lebar untuk camp tapi kadang berbahaya kalau ada badai karena areanya sangat terbuka, sebaiknya kalau kita mau mendirikan camp di watu kotak sebelah atasnya Pestan. di watu kotak pendaki yang baru pernah naik gunung Sumbing sering terjebak dengan puncak semu, untuk itu mata kita harus tetap waspada melihat petunjuk jalur, setelah watu kotak kita belok kiri menuju tanah putih, dari tanah putih sekitar 1 jam kita akan sampai puncak gunung Sumbing yang tidak terlalu lebar, jadi hati-hati untuk tidak terjatuh ke jurang yang ada di depan kita.

Gunung Sindoro (sundoro)


Gunung yang mempunyai ketinggian setinggi 3,150 Mdpl dan terletak perbatasan kabupaten Temanggung dan Wonosobo Jawa Tengah Indonesia, perjalanan mendaki gunung Sundoro biasanya satu paket dengan pendakian gunung sumbing, karena letak gunung Sundoro bersebalahan dengan gunung Sumbing, setelah turun dari gunung Sumbing (jalur Garung) kita bisa melanjutkan pejalanan ke pos pendakian gunung Sumbing di desa Kledung dengan naik bus jalur kearah semarang dengan ongkos Rp 1000,- atau kita jalan kaki karena jarak tempuhnya -+ 1Km dari pos pendakian Garung. Setelah kita melakukan perijinan di Pos Kledung dengan biaya Rp 3500,-(kalau belum ada perubahan) disarankan membawa banyak air karena di jalur pendakian tidak terdapat mata air. Perjalanan mendaki ke puncak sundoro -+8 jam dan turun 4-6jam
Perjalanan menuju pos 1 kita akan melewati sawah dan ladang penduduk, jalur ini merupakan jalan berbatu yang sudah tertata rapi sampai kemudian kita berbelok ke kanan menuju pos 2, mata kita tetap harus waspada karena banyaknya jalur di ladang akan membuat kita tersesat, setelah pos 2 perjalanan mulai menanjak menuju pos 3 di sini terdapat camping ground yang lumayan lebar sehingga kita bisa melaukan camp. Dari pos 3 kita bisa melihat puncak semu (pertama kali naik akan di kira puncak) dan dalam perjalanan kita akan tiga kali melihat puncak semu sebelum sebelum sampai di puncak sebenarnya. Sampai di puncak kalau kita beruntung akandapat melihat danau di tengah-tengah kawah yang mati, di sini terdapat puncak yang sangat lebar (jalur tambi) seperti lapangan sepak bola.
Dalam melakukan pendakian di gunung Sumbing dan Sundoro disarankan hati-hati kalau membuat perapian, karena cuaca yang kering menyababkan rawan kebakaran, apalagi tumbuh-tumbuhan di wilayah dua gunung ini di dominasi oleh semak dan alang-alang yang mudah tebakar.

Sumber : wikipedia dan catatan pribadi
SELAMAT KEPADA TIM EKSPEDISI TRIPLE S(Slamet Sindoro Sumbing) 2008 PASCAL Surakarta, terimakasih sudah mampir ke gerbong FAKTAPALA, semoga persaudaraan kita akan selalu terjalin erat.
Untuk ana KOMBAT salam tuh dari ADE JUNAEDI ;-)))

jadikanlah diri kita sebagai pejuang lingkungan.
STOP GLOBAL WARMING
Salam Lestari………!

1 komentar:

hmm..
bsk sabtu sy mau ke sumbing ni mas..
mg" gak kesasar.. hehe