headerphoto

Gunung Slamet 3428 Mdpl



Gunung Slamet, salah satu gunung di jawa yang sangat eksotis, terletak di wilayah propinsi Jawa tengah dan menjadi perbatasan 5 wilayah kabupaten yaitu Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, Bumiayu. terletak di 7°14,30' LS dan 109°12,30' BT dengan ketinggian 3428 Mdpl (menurut mbah wiki ketinggian Gunung Slamet 3432 Mdpl)merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan tertinggi kedua di Jawa setelah Gunung Semeru.
Gunung Slamet sendiri terbagi menjadi 5 jalur pendakian, dengan jalur konvensional di jalur Bambangan, yang berada di wilayah kabupaten Purbalingga dan dikelola oleh dinas pariwisata kabupaten Purbalingga, jalur Bambangan merupakan jalur yang sering di lalui untuk pendakian para pendaki Gunung, baik yang tergabung di organisasi pecinta alam ataupun freelance yang hobby dengan kegiatan alam bebas.
Jalur kedua adalah jalur Baturraden, wilayahnya terletak di kabupaten Banyumas, start pendakian jalur tersebut adalah lokawisata baturraden, tempat wisata tersebut merupakan salah satu wiasata favorit jawa tengah, terdiri dari pemandian air panas, camping ground, lokawisata, dan kebun raya baturraden, jalur tersebut dikelola oleh PALAWI perusahaan di bawah dephut Banyumas. Jalur baturraden merupakan jalur yang sering untuk pelatihan dasar pecinta alam, penelitian flora dan fauna bagi kawan-kawan pecinta alam purwokerto dan sekitarnya, untuk informasi lebih jauh tentang jalur ini bisa ke KMPA FAKTAPALA STAIN Purwokerto (0281)635624 ext 120.
Jalur yang ketiga adalah jalur Gambuhan, terletak di wilayah kabupaten Pemalang, start pendakian jalur ini adalah pos pengamatan (pos vulcanologi )Gunung Slamet, merupakan pos pemantauan perkembangan gunung Slamet, kita bisa banyak belajar tentang vulcanologi di tempat tersebut.
Jalur keempat adalah jalur Guci, terletak di wilayah kabupaten tegal, start pendakian lewat jalur ini merupakan tempat wisata Guci dan tidak berbeda jauh dengan tempat wisata baturraden, pemandian air panas, camping ground, dan outbound area. untuk informasi bisa melalui kelompok pecinta alam GALAS Guci.
Jalur kelima adalah jalur kaliwadas, terletak di wilayah Bumiayu, start pendakian jalur ini di area ladang penduduk. untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kawan-kawan MAPALA purwokerto, atau ke KMPA FAKTAPALA STAIN Purwokerto.
untuk yang membaca posting ini silahkan mengkritisi dan menambah kekurangan dari informasi tersebut di atas, karena penulis sendiri baru mendaki Gunung Slamet lewat tiga jalur, yaitu jalur Bambangan, Baturraden, dan Guci, untuk jalur Gambuhan kita hanya melalui info ketika belajar Vulcanologi di tambah info kawan organisasi KMPA FAKTAPALA yang sudah khatam 5 jalur. begitu juga info untuk jalur Kaliwadas Bumiayu.
untuk kawan-kawan yang membutuhkan peta 5 jalur gunung Slamet silahkan datang ke Gerbong KMPA FAKTAPALA STAIN Purwokerto jl A.Yani 40 A Purwokerto

1 komentar:

beberapa saat terakhir pendakian lewat Gambuhan dan sekitarnya kita istilahkan SISI UTARA Slamet 3428 mDPL,
ada 3 (4 malah) jalur yg pernah digunakan yaitu jalur Gunungsari, jalur Jurangmangu dan jalur Gambuhan (ketiganya desa yang saling berbatasan) dan jalur DukuhLiwung (tegal)

keempat jalur ini ketemu di Pos 2 (pondok GRIBIG) sekitar 1700an mDPL, ke atasnya sama satu jalur sampai ke puncak/segoro wedi/kawah

asyiik.